steganografi

Mengenal Apa itu Steganografi

Waspada malware tersembunyi pada file gambar melalui teknik steganografi. Kenali dan simak pembahasan lebih detail mengenai apa itu steganografi?

 

Perkembangan teknologi informasi selalu memberikan dampak baik bagi kehidupan sehari hari Namun tak dapat dipungkiri bila kemajuan teknologi ini juga memberikan dampat negatif terutama dalam permasalahan keaman data (data security). Kita bisa saja membuat teknologi canggih lainnya, namun dapat kah anda memastikan bahwa teknologi yang anda buat telah aman dari serangan heacker? Keamanan data informasi merupakan suatu hal confidential yang perlu di perhatikan.

 

Karena di dalam nya tentu bisa saja berisi data data privasi seseorang, data bisnis, informasi internal perusahaan dan lainnya. Terlebih saat ini marak sekali terjadi adanya kasus kasus kejahatan cyber di internet. Maka hal ini patut menjadi fokus dalam dunia keaman jaringan Salah satu cara untuk menghindari adanya kejahatan cyber ini adalah melakukan enkripsi data. Enkripsi data yaktu teknik menyembunyikan suatu informasi penting dalam bentuk kode kode khusus tertentu yang sulit di terjemahkan. Enkripsi ini hanya dalat di terjemahkan oleh orang orang tertentu bahkan dengan menggunakan bantuan suatu sistem. Salah satu metode enkripsi data yang sangat populer yaitu steganografi.

 

Apa itu Steganografi?

Apa itu Steganografi, Steganografi adalah teknik menyembunyikan suatu informasi kedalam media digital berupa gambar, suara, maupun video. Hal ini perlu di waspadai terlebih bagi anda yang berkutat di bidang IT Security karena dengan menggunakan teknik ini suatu malware bisa tersembunyi didalam gambar. Cara kerja teknik ini yaitu Misalnya seorang peretas dapat membuat file gambar kerja yang ditampilkan di komputer seperti pada umumnya, namun ternyata mereka menyertakan kode berbahaya yang dapat membahayakan sistem kita.

 

Teknik steganografi ini dimanfaatkan oleh hacker dengan macam macam tujuuan antara lain menyembunyikan hasil curian data kedalam suatu media digital, digunakan oleh para teroris untuk saling berkomunikasi dll. Namun teknik ini juga di gunakan untuk tujuan legitimasi seperti digunakan sebagai pengaman untuk citra dengan watermarking dengan alasan perlindungan copyright, menyimpan suatu rahasia data data vital perusahaan dll.

Sebuah perusahaan keamanan siber disebut telah menemukan aksi berbahaya oleh kelompok peretas bernama “Witchetty”. Kelompok peretas tersebut menggunakan teknik steganografi ini untuk menyembunyikan malware backdoor dibalik logo Windows pada wallpaper desktop. Kelompok ini melakukan aksi spionase siber pada Februari 2022 yangmenargetkan dua pemerintah di Timur Tengah, bursa saham di Afrika, dan beberapa lainnya.

Dari adanya kasus kasus steganografi harapan nya para pelaku IT Security dapat lebih aware dan berhati hati terhadap kemungkinan kemungkinan serangan cyber di internet




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *