istilah dalam digital marekting

38 istilah dalam Digital marketing

Sebagai seorang digital marketing atau pengguna yang berkutat dibidang content maarketing penting sekali untuk mengetahui beberapa istilah dalam digital marketing. Berikut ini merupakan 38 istilah dalam digital marketing yang belum banyak diketahui.

 

Istilah Umum Digital Marketing

Organik : Sebuah cara pemasaran produk melalui internet yang dilakukan tanpa ada biaya (gratis)

Ads/ Iklan : sebuah cara pemasaran produk melalui internet yang dilakukan dengan cara membuat iklan (Ads)

Campaign : suatu aktivitas untuk memperkenalkan atau memasarkan suatu produk dalam jangka waktu tertentu

A/B Test : Metode membandingkan 2 versi (kampanye, ads dll) untuk menentukan performance yang terbaik

Call To Action (CTA) : suatu kalimat yang membuat pembaca mampu melakukan tindakan yang diinginkan

Conversion : Audience melakukan tindakan berdasarkan CTA

Metrics : indikator pengukuran atau penilaian pada digital marketing

Kenali beberapa istilah Social Media

Engagement Rate : suatu metriks yang mengukur interaksi audience dengan konten website anda. Engagement biasanya disebut juga sebagai jumlah rata rata like, komen dan share

Reach : metriks yang menunjukkan total orang yang melihat konten kita

Impression : mengukur seberapa banyak suatu iklan di tanyangkan dalam di layar pengguna

Social listening : suatu teknik untuk mengamati dan menganalisis apa yang orang lain matakan terhadap bisnis anda. Dengan hal ini akan sangat mudah untuk menemukan strategi kedepan

Content Marketing : content yng di buat untun kepentkngan penjualan atau campaign. Content Marketing sangat Baik bila anda ingin meningkatkan strategi Social Media Marketing 

Insight : informasi berupa data mengenai follower instagam

Simak istilah pada Ads dan Iklan

Cost Per Klik : Jumlah cost atau biaya yang didapatkan setiap seseorang mengklik iklan. (Formula: total biaya ads/klik)

Click throufh rate (CTR) : Presentase orang yang mengklik link ads atau iklan (Formula: jumlah klik/impression)

Lead : Orang-orang yang berminat dengan produk/jasa dan memiliki potensi bear jadi customer. Lead juga biasa disebut calon customer

Cost per lead (CPL) : Biaya yang dibayarkan setiap mendapatkan leads baru atau user potential baru. (Formula: total biaya ads/total leads)

Cost per thausand impression (CPM) : Biaya yang dibayarkan setiap 1000 impression dari ads. (Formula: (total biaya ads/impression) x 1000)

Ad Fatigue : istilah ketika audience merasa bosan karena terlalu serinh melihat iklan sehingga ketertarikan akan suatu produk menjadi rendah

 

Serba serbi dalam SEO 

Backlink : link yang berasal dari website milik orang lain yang mengarah ke website mu

Keywords : Kata kunci yang ditargetkan atau di sasar oleh pemilik website, bisa dari ads/organik

Query : Keywords yang diketik pengguna di search engine Google

Search Engine Result Page (SERP) : Halaman web yang muncul ketika pengguna mengetikkan suatu keywords di search engine (seperti Google, Bing, dsb). SERP merupakan persaingan Search Engine Optimization dari suatu strategi marketing

Crawl : Proses dari sistem bot Google (search engine) mengunjungi suatu website, mengambil konten, melakukan pengindeksan yang menentukan layak tidak nya website masuk ke halaman pencarian di search engine

Index : suatu Database milik Google yang isinya di gunakan oleh Google untuk menampilkan hasil pencarian kepada pengguna

Traffic : banyak nya kunjungan ke suatu website

Dofollow : suatu perintah atau kode kepada search engine (Google) untuk dapat merayapi / crawling dan indeks terhadap isi suatu website

Nofollow : suatu perintah atau kode yang meminta Google untuk tidak merayapi / crawling isi suatu website

Domain Authority : metriks milik MOZ yang menunjukan hasil ranking di search engine

Domain Rathing : metriks milik Ahrefs yang menunjukkan hasil ranking di search engine

Referring Domain : Jumlah atau Banyak nya domain domain yang mereferensikan situs website Anda

Referring Page : Jumlah atau banyak nya halaman website yang mereferensikan website Anda makin Paham tentang Email Marketing

Customer Journey : Perjalanan pelanggan mulai dari ingin untuk beli, akhirnya beli, sampe memiliki potensi untuk beli lagi

Open Rate : Presentase email yang dibuka dari total email yang dikirim

Bounce Rate : persentase Total pengunjung yang langsung meningggalkan suatu website setelah membuka satu halaman saja

 

Berikutlah pembahasan mengenai beberapa istilah penting dalam dunia Digital Marketing. Beberapa istilah tersebut penting untuk anda ketahui bila ingin mengoptimasi suatu SEO WEbsite ataupun meningkatkan Engagement pada Social Media Marketing yang sedang anda jalankan.




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *